rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

Mata Pelajaran : Fisika

Kelas/Semester : X/2 (satu)

Pertemuan Ke- : 1

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 2 × 45 menit)

Standar Kompetensi: Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan

benda titik.

Kompetensi Dasar   :  Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi

dengan hukum kekekalan energi mekanik.

Indikator                   : Memformulasikan hubungan antara gaya, energi, usaha,

dan daya ke dalam bentuk persamaan.

I. Tujuan Pembelajaran

– Siswa dapat menjelaskan pengertian usaha.

– Siswa dapat merumuskan besar usaha yang dilakukan oleh suatu gaya.

– Siswa dapat menginterpretasikan bahwa besarnya usaha yang dilakukan

oleh gaya sama dengan perubahan energi kinetik yang terjadi pada benda.

II. Materi Ajar

– Usaha

– Energi

III. Metode Pembelajaran

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Tanya jawab

4. Demonstrasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal

Guru membuka pelajaran dan mengawalinya dengan memberikan pengenalan awal

tentang usaha dan energi.

Kegiatan Inti

  • Guru memberikan ceramah disertai dengan tanya jawab untuk mengungkap

kembali pengetahuan tentang usaha dan energi.

  • Salah satu siswa diminta untuk melakukan peragaan yang disertai dengan

tanya jawab untuk menjelaskan pengertian usaha.

  • Siswa merumuskan besar usaha yang dilakukan oleh suatu gaya yang

dipandu oleh guru.

  • Guru memimpin diskusi kelas untuk menginterpretasikan bahwa besarnya

usaha yang dilakukan oleh gaya sama dengan perubahan energi kinetik

yang terjadi pada benda.

  • Siswa membentuk kelompok belajar untuk melakukan diskusi kelompok

memecahkan persoalan yang berkaitan dengan usaha dan energi kinetik.

Kegiatan Akhir

Guru mengakhiri pelajaran dengan menyimpulkan dan memberi penekanan

pada materi usaha dan energi yang diteruskan dengan pemberian tugas mandiri,

tugas kelompok, dan tugas membaca serta memahami materi berikutnya.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

Alat-Alat/Bahan :balok kayu, bidang datar/miring, dan anak

timbangan

Sumber : Buku Fisika Dasar SMA 2A (Tiga Serangkai)

VI. Penilaian

  • Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi,

sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas.

  • Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta

peragaan.

  • Kuis tertulis

 

Contoh Soal Kuis

1. Satuan usaha dalam SI adalah ….

2. Usaha adalah hasil kali gaya (searah perpindahan) dengan perpindahan.

Benar atau salah?

3. Energi kinetik dirumuskan sebagai ….

4. Usaha merupakan perubahan energi kinetik suatu benda. Benar atau salah?

5. Besar usaha sebuah peluru yang ditembakkan vertikal ke atas sampai titik

tertinggi adalah ….

6. Usaha merupakan besaran vektor. Benar atau salah?

7. Benda 1 kg bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Kemudian kecepatan benda

berubah menjadi 20 m/s. Besar usaha yang dilakukan oleh benda tersebut

adalah ….

8. Usaha dapat bernilai posisitif atau negatif. Benar atau salah?

Kunci Jawaban Kuis

1. joule atau J     5. – mgh

2. benar              6. salah

3. E = 1/2mv2     7. 150 J

4. benar               8. benar

……………, …………………. 2010

Mengetahui,

Guru fisika

Suryuno S,Pd.

NIP:

peneliti

Wawan Yawarmansyah

NIM: 06.241.258

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran : Fisika

Kelas/Semester : X/II (dua)

Pertemuan Ke- : 2

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 2 × 45 menit)

Standar Kompetensi: Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan

benda titik.

Kompetensi Dasar   : Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan

hukum kekekalan energi mekanik.

Indikator                  : Memformulasikan konsep energi kinetik, energi potensial

gravitasi, dan energi potensial pegas.

I. Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian energi potensial gravitasi berkaitan

dengan usaha.

  • Siswa dapat menjelaskan pengertian energi potensial pegas.
  • Siswa dapat mengidentifikasikan energi kinetik
  • Siswa dapat mengidentifikasikan bahwa energi potensial merupakan energi

yang tersimpan di dalam medan gaya untuk kasus medan gaya gravitasi

dan medan gaya pegas.

 

II. Materi Ajar

Usaha dan Energi

III. Metode Pembelajaran

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Tanya jawab

4. Demonstrasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal

Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan tanya jawab mengungkap

kembali pengertian usaha dan energi.

Kegiatan Inti

  • Siswa melakukan pengamatan demonstrasi yang dilakukan oleh guru dan

disertai tanya jawab untuk menjelaskan pengertian energi potensial

gravitasi, berkaitan dengan usaha.

  • Guru memberikan ceramah yang disertai tanya jawab untuk menjelaskan

dan merumuskan pengertian energi potensial pegas.

  • Siswa melakukan pengamatan demonstrasi yang dilakukan oleh salah satu

temannya dan disertai tanya jawab untuk menyimpulkan bahwa energi

  • potensial merupakan energi yang tersimpan di dalam medan gaya untuk

kasus medan gaya gravitasi dan medan gaya pegas.

  • Siswa melakukan pengamatan demonstrasi yang dilakukan oleh guru dan

disertai tanya jawab untuk menjelaskan pengertian energi kinetik dan

energi potensial.

  • Siswa mengerjakan kuis tertulis yang diberikan oleh guru.

Kegiatan Akhir

Guru mengakhiri pelajaran dengan tanya jawab untuk menyimpulkan dan

memberi penekanan pada materi energi kinetik dan energi potensial serta

diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas

membaca serta memahami materi berikutnya.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

Alat-Alat/Bahan : Bola

Sumber : Buku Fisika Dasar SMA 2A (Tiga Serangkai)

 

VI. Penilaian

  • Pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran saat tanya jawab/diskusi,
    • sikap, minat, dan tingkah laku siswa di dalam kelas.
  • Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes ketrampilan percobaan serta
  • peragaan.
  • Kuis tertulis

Contoh Soal Kuis

1. Energi potensial gravitasi dirumuskan sebagai ….

2. Makin ke atas, energi potensial gravitasi makin kecil. Benar atau salah?

3. Makin ke bawah, energi potensial gravitasi makin kecil dan energi

kinetiknya makin besar. Benar atau salah?

4. Usaha pada gaya konservatif bergantung pada lintasannya. Benar atau salah?

5. Besar energi potensial pegas dirumuskan sebagai ….

6. Besar energi potensial pegas maksimum lebih besar daripada energi kinetik

pegas maksimum. Benar atau salah?

7. Sebuah benda yang dilempar oleh pegas ke atas sampai maksimum, energi

potensial pegas diubah seluruhnya menjadi energi potensial gravitasi.

Benar atau salah?

8. Hukum kekekalan energi mekanik hanya berlaku di bumi saja. Benar atau

salah?

 

Jawaban Kuis

1. Ep = mgh   5. E =1/2 kx2

2. salah          6. salah

3. benar          7. benar

4. salah           8. salah

……………, …………………. 2010

Mengetahui,

Guru fisika

Suryuno S,Pd.

NIP:

peneliti

Wawan Yawarmansyah

NIM: 06.241.258

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

Mata Pelajaran : Fisika

Kelas/Semester : X/II (dua)

Pertemuan Ke- : 3

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 2 × 45 menit)

Standar Kompetensi: Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan

benda titik.

Kompetensi Dasar : Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk

menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator                : Menginterpretasikan hukum kekekalan energi mekanik

pada medan gaya konservatif.

Mengaplikasikan hukum kekekalan energi mekanik

dalam persoalan sehari-hari.

I. Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat merumuskan hubungan medan konservatif dengan energi

potensial dan hukum kekekalan energi mekanik.

  • Siswa dapat merumuskan hukum kekekalan energi mekanik pada medan

gaya konservatif.

  • Siswa dapat mengaplikasikan hukum kekekalan energi mekanik dalam

persoalan sehari-hari.

II. Materi Ajar

Hukum Kekekalan Energi Mekanik

III. Metode Pembelajaran

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Tanya jawab

4. Demonstrasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal

Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan tanya jawab tentang usaha

dan energi.

Kegiatan Inti

  • Guru memberikan ceramah dan melakukan diskusi kelas untuk mengaplikasikan konsep hukum kekekalan energi mekanik dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru memperagakan alat untuk menunjang pengetahuan siswa terhadap konsep usaha dan energi
  • Salah satu siswa menjadi pemimpin untuk melakukan diskusi kelas tentang

analisis gerak benda menggunakan konsep fungsi energi potensial dan

hukum kekelan energi mekanik seperti pada gerak benda pada roll-coaster.

  • Guru memberikan ceramah yang disertai tanya jawab untuk menjelaskan

bahwa usaha total yang dilakukan oleh pelaku gaya suatu benda besarnya

sama dengan perubahan energi kinetik untuk benda di bawah pengaruh

medan gaya konservatif dan gaya-gaya lain. Usaha total oleh pelaku-pelaku

gaya lain pada benda sama dengan perubahan energi mekanik total.

  • Siswa melakukan diskusi untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan

dengan gerak bidang miring di bawah pengaruh medan gaya gravitasi

dan gaya gesekan.

  • Guru memberikan ceramah yang disertai tanya jawab untuk menunjukkan

bahwa di bawah medan gaya konservatif dan gaya lain, usaha yang

dilakukan oleh gaya-gaya lain sama dengan perubahan energi mekanik.

  • Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengerjakan soal-soal yang

berkaitan dengan hukum kekekalan energi mekanik.

  • Guru memberikan kuis tertulis kepada siswa.
  1. IV.    Kegiatan Akhir
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan tanya jawab untuk menyimpulkan dan

memberi penekanan pada materi aplikasi hukum kekekalan energi mekanik

yang diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas

membaca serta memahami materi berikutnya.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

Alat-Alat/bahan : spidol, penghapus papan

Sumber : Buku Fisika Dasar SMA 2A (Tiga Serangkai), LKS fisika

VI. Penilaian

  • Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya

jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas.

  • Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes keterampilan percobaan serta
  • peragaan.
  • Kuis tertulis

Contoh Soal Kuis

1. Sebuah balok meluncur ke bawah pada bidang miring yang licin. Peristiwa

tersebut berlaku hukum kekekalan energi mekanik. Benar atau salah?

2. Sebuah benda jatuh dari ketinggian h. Kecepatan benda pada saat

menyentuh tanah adalah ….

3. Usaha termasuk besaran ….

4. Hukum kekekalan energi mekanik berlaku pada gaya-gaya non konservatif.

Benar atau salah?

5. Pada pegas berlaku hukum kekekalan energi mekanik. Benar atau salah?

Jawaban Kuis

1. benar            4. salah

2. v = 2gh        5. salah

3. skalar

……………, …………………. 2010

Mengetahui,

Guru fisika

Suryuno S,Pd.

NIP:

peneliti

Wawan Yawarmansyah

NIM: 06.241.258

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran : Fisika

Kelas/Semester : X/II (dua)

Pertemuan Ke- : 4

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 2 × 45 menit)

Standar Kompetensi: Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan

benda titik.

Kompetensi Dasar :   Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis

gerak dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator : – Menginterpretasikan gaya disipatif.

– Menjelaskan pengertian daya.

– Menjelaskan sumber-sumber energi yang berpotensi

dalam kehidupan sehari-hari.

I. Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat menginterpretasikan gaya-gaya yang bekerja dalam melakukan suatu usaha.
  • Siswa dapat menjelaskan dan merumuskan pengertian daya.
  • Siswa dapat mengaplikasikan sumber-sumber energi yang berpotensi

dalam kehidupan sehari-hari.

II. Materi Ajar

– Usaha

– Daya

– Sumber Energi

III. Metode Pembelajaran

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Tanya jawab

4. Demonstrasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal

Guru membuka dan mengawali pelajaran dengan tanya jawab tentang usaha

dan energi.

Kegiatan Inti

  • Guru memberikan ceramah dan melakukan diskusi kelas untuk menginterpretasikangaya-gaya yang bekerja dalam melakukan usaha.
  • Guru memberikan ceramah untuk menjelaskan keterkaitan antara energi

dengan daya.

  • Siswa menyelesaikan soal-soal latihan yang berkaitan dengan energi,

usaha, dan daya.

  • Siswa mengadakan diskusi untuk menyebutkan sumber energi yang

potensial di berbagai daerah dalam kehidupan sehari-hari.

  • Guru memberikan tanya jawab mengenai materi yang belum dipahami

oleh siswa.

Kegiatan Akhir

Guru mengakhiri pelajaran dengan tanya jawab untuk menyimpulkan dan

memberi penekanan pada materi gaya disipatif, daya, dan sumber energi yang

diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan tugas

membaca serta memahami materi usaha dan energi untuk persiapan menghadapi

ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

Alat-Alat/bahan : Bola, bandul, dan tali

Sumber : Buku Fisika Dasar SMA 2A (Tiga Serangkai), LKS fisika

VI. Penilaian

  • Pengamatan aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan pada saat tanya

jawab/diskusi, minat, sikap, dan tingkah laku siswa di dalam kelas.

  • Tugas mandiri, tugas kelompok, dan tes ketrampilan percobaan serta
  • peragaan.

Catatan:

Setelah menyelesaikan materi usaha dan energi, pada pertemuan selanjutnya

diadakan tes tertulis atau ulangan harian.

……………, …………………. 2010

Mengetahui,

Guru fisika

Suryuno S,Pd.

NIP:

peneliti

Wawan Yawarmansyah

NIM: 06.241.258

About mustaphaawan

im a money seeker

Posted on Mei 9, 2011, in educations. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: